Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Sabtu, 22 April 2023

Temu Kangen yang Begitu Indah

  


Siang itu jam menunjukkan pukul 11.00 WIB, aku menerima telepon dari Kepala Sekolah dulu. Beliau mengatakan akan ada acara temu pisah berkaitan dengan mutasi dan promosi beberapa orang guru dari SDN Mirat I. Akupun tertegun dan terharu masih begitu perhatian Beliau kepada kami yang terpisah karena tugas. Akupun mengingat masa-masa lalu ketika bersamanya, waktu pertama kali datang membawa surat tugas, selama menjadi guru. Begitu banyak kenangan yang ada dibenak, pasti adanya rasa nano-nano; suka, sedih dilalui bersama-sama.


Acara temu kangenpun dilaksanakan pada waktunya. Kuputar mobil ke arah sekolah yang dulu begitu aku cintai dan bela untuk menjemput rekan sejawatku . Kedatanganku disambut terikan para pedagang dan lambaian tangan beberapa siswa. Mobil  kuparkir di alun-alun, akupun turun bebebarapa anak sudah menanti dengan tangan halusnya dan ucapan salamnya, inilah yang membuatku bangga sekaligus terharu menjadi guru. Beberapa orang pedagang kusalami. Mereka menanyakan khabar, kujawab Alhamdullilah baik. Perpisahan dengan mereka terasa begitu berat, mereka para pedagang sudah seperti sahabat, mengobrol, mendengar keluh kesahnya sesuatu hal yang membuatku begitu banyak belajar arti kehidupan.


Kusalami beberapa orang guru. Ada Pak ustadz Didi yang menyambutku dangan salam tosna, ada Pak Karsali penjaga sekolah yang sudah kuanggap saudara. Ternyata ada juga PaK Yudi yang sudah kuanggap adik, yang sering saya omelin dan ingatkan ketika mau menghadapi Tes CPNS. Juga canda nyeleneh “Ada Udang diballik Batu” yang artinya ada rokok bagi satu doong he he .... biasa berkelakarlah.


Masuk ke dalam kantor kusalami guru-guru yang ada, ada bu Iyan yang jutek,  Bu Lilis yang pendiam, Bu Yusi yang judes, ada Bu Enok guru baru yang hanya tersenyum malu, Ada Bu Yiyin yang tubuhnya kecil tapi makannya banyak maklum bawaan orok lagi menyusui.


Perjalanan menuju temput “Temu kangen”pun kami lalui dengan penuh canda tawa, tetapi jujur didalam hati bergelut perasaan bahagia dan sedih. Bahagia karena masih bisa bersama mereka, sedihnya tidak bisa bersama-sama setiap waktu dengan mereka. Begitu berkecamuknya semua perasaan sampai akupun lupa jalan malah mau belok ke arah kanan jembatan putri yang seharusnya lurus menuju Telaga Herang. Gustiii .... aku benar-benar lupa menyetir setengah melamun terbawa perasaan.


Sampailah ketempat yang tuju, suasanapun tidak begitu ramai. Di Kolam hanya beberapa orang anak berenang, beberapa orang lagi asyik berswafoto. Bu Iyan dan Ibu kepala memesan makanan. Yusie sang Ratu Ngebor eh Ratu Selfi dan Ratu Tiktopun sudah mengambil beberapa foto bersama dengan ponsel kebanggaannya dari honor GI-nya. Selang beberapa lama Pak Roni datang dan mengajak kami untuk segera memulai acara, “Ayooo kita mulai berpidato sebelum hidangan matang!” ajaknya. kamipun berinsut pindah dengan duduk berhadapan di tengahnya ada meja hidangan. Pak Roni atau kami menyebutnya si Aki memulai pidatonya dengan renyah  diselingi humor, yang membuat kamipun tertawa senang. setelah selesai Pak Roni mempersilahkan Ibu kepala untuk menyampaikan sambutannya. “Kita berkumpul di sini dalam rangka temu kangen beberapa orang Keluarga Besar SDN Mirat I yang berpindah tugas. Walaupun berbeda tempat tugas diharapkan rasa kekeluargaan tetaplah terjalin erat, bila ada cendera mata yang diberikan janganlah dinilai dari harganya tetapi maknai rasa perhatian dan kasih sayang yang tulus dan ikhlas.” kata Beliau. Akupun tertunduk meresapi apa makna yang disampaikan Beliau. Begitu Besar Rizki yang Allah berikan bukan Wujudnya, bukan Nilainya tetapi Keberkahannya.


Tiba saatnya Aku mewakili pribadi, Bu Ati dan pak Yudi. Kami berterimakasih atas bimbingan dan binaanya selama menjadi guru, permohonan maaf bila selama bersama-sama keluarga besar SDN Mirat I ada sikap, tindakan dan perbuatan yang kurang berkenan. Akupun secara pribadi mengucapkan terimakasih atas bimbingan dan rekomendasi Ibu kepala sehingga mendapat promosi menjadi kepala sekolah.


Bu Ati dipersilahkan untuk menambahkan sambutan mewakili yang mutasi. Bu Ati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu kepala dan semua guru atas kerjasamanya, dan mohon dido’akan agar ke depannya lebih sukses lagi.


Acara temu kangenpun diisi dengan pemberian cendera mata dari Ibu kepala. Hidanganpun sudah siap disajikan, kami menikmati dengan penuh kenikmatan dan canda tawa. Selesai makan kamipun pulang. Terimakasih yaa Rabb atas nikmatmu yang luar biasa ini, semoga kami menjadi umat_Mu yang pandai bersyukur ....


Telaga Herang, 11 Februari 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...