Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Selasa, 11 April 2023

Profesi Guru Akan Menghilang Ke Depan?




 Endung dan Rekan sewaktu mengikuti seleksi Anugrah Guru 

Konstitusi Tingkat Nasional Tahun 2016 


Berdasarkan UU RI No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 1, Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru juga memiliki tanggung jawab sebagai pembimbing dalam mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk menghadapi tantangan dunia di masa depan. Selain itu, guru juga memiliki peran penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan motivasi siswa untuk belajar. Profesi guru sangat penting dan memilki peranan yang sangat vital bagi sebuah bangsa karena guru merupakan tenaga pendidik yang akan menghasilkan anak didik yang berkualitas dengan memberikan ilmu pengetahuan dan sikap yang sopan kepada anak didiknya ini menjadikan anak didiknya sebagai penerus bangsa untuk masa yang akan datang. Profesi guru juga merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Namun, sayangnya beberapa orang berpikir bahwa profesi ini akan hilang ke depannya, mengapa bisa kemungkinan terjadi?

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab mengapa profesi guru dianggap akan hilang di masa depan, di antaranya:

1.       Teknologi pendidikan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak platform pembelajaran daring yang menyediakan konten belajar dengan kualitas yang baik. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan guru sebagai pengajar secara langsung.

 

2.       Kurangnya minat untuk menjadi guru

Saat ini, banyak generasi muda yang tidak tertarik untuk menjadi guru karena dianggap pekerjaan yang kurang menjanjikan dari segi finansial dan sosial.

3.       Sistem pendidikan yang kaku

Sistem pendidikan tradisional cenderung kurang adaptif dan kurang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dunia kerja. Hal ini dapat membuat guru kesulitan untuk mempersiapkan murid-muridnya dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di masa depan.

4.       Alternatif pendidikan yang beragam

Saat ini, terdapat beragam alternatif pendidikan selain melalui sekolah tradisional, seperti homeschooling, online learning, atau pendidikan informal yang dapat dilakukan di luar sekolah. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan guru sebagai pengajar.

 

Namun, meskipun terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan profesi guru dianggap akan hilang di masa depan, peran guru tetap penting dalam membantu murid-muridnya mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan.  Tetapi dibutuhkan upaya untuk meningkatkan apresiasi dan penghargaan terhadap profesi guru.

 

Upaya Untuk Meningkatkan Apresiasi dan Penghargaan Terhadap Profesi Guru

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan apresiasi dan penghargaan terhadap profesi guru sehingga profesi guru ke depannya akan tetap diminati dan dibutuhkan, antara lain:

1.       Peningkatan kesejahteraan finansial

Salah satu faktor yang sering menjadi alasan mengapa guru tidak mendapatkan penghargaan yang layak adalah masalah finansial. Oleh karena itu, pemerintah dapat meningkatkan anggaran pendidikan dan gaji guru, serta memberikan insentif atau bonus bagi guru yang berhasil mencapai target tertentu. Pemerintah juga perlu meningkatkan infrastruktur sekolah,  serta memberikan tunjangan dan insentif bagi guru yang bekerja di daerah terpencil atau sulit.

2.       Peningkatan kualitas pendidikan

Dengan meningkatkan kualitas pendidikan, maka akan semakin banyak orang yang menghargai peran guru dalam membentuk masa depan bangsa. Peningkatan kualitas pendidikan juga akan membuat profesi guru semakin menarik bagi generasi muda.

3.       Pengembangan karir

Guru yang merasa dihargai dan dihormati dalam pekerjaannya akan merasa lebih termotivasi untuk mengembangkan karirnya. Oleh karena itu, pemerintah dapat memberikan kesempatan untuk pelatihan, pengembangan karir, atau program magang bagi guru. Memberikan reward dan penghargaan kepada para guru yang berhasil mencapai prestasi atau memberikan dampak positif yang besar terhadap siswa. Selain itu, juga dilakukan promosi terhadap profesi guru yang menekankan pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa

4.       Meningkatkan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak

Orangtua dapat membantu meningkatkan apresiasi dan penghargaan terhadap profesi guru dengan memperlihatkan rasa hormat dan menghargai pekerjaan guru. Orangtua juga dapat berpartisipasi aktif dalam pendidikan anak-anaknya, seperti mengikuti pertemuan orangtua-guru, mendukung kegiatan ekstrakurikuler, dan memberikan dukungan moral bagi guru. Tidak kalah penting adanya dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam program-program pendidikan di lingkungannya, seperti memberikan donasi untuk sekolah, mengorganisir program mentoring atau bimbingan belajar, dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan fasilitas pendidikan. Tidak kalah penting adanya dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam program-program pendidikan; seperti memberikan donasi untuk sekolah, mengorganisir program mentoring atau bimbingan belajar, dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan fasilitas pendidikan.

5.       Meningkatkan publikasi dan sosialisasi

Pemerintah dan lembaga pendidikan dapat meningkatkan publikasi dan sosialisasi tentang peran dan pentingnya profesi guru. Dengan cara ini, masyarakat akan semakin memahami bahwa guru adalah salah satu pilar penting dalam membangun bangsa dan generasi yang lebih baik.

6.       Pemerintah juga perlu melakukan perbaikan dalam sistem pendidikan.

Perbaikan dalam sistem pendidikan seperti menghilangkan beban kerja yang berlebihan bagi guru, menyediakan sumber daya yang memadai, dan mengimplementasikan kurikulum yang tepat dan relevan dengan kebutuhan siswa.

 

Dengan melakukan upaya-upaya tersebut di atas, diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan penghargaan terhadap profesi guru sehingga akan semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi guru dan semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya peran guru dalam pembentukan masa depan bangsa sehingga profesi guru akan tetap diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat global, karena sesungguhnya guru takkan tergantikan oleh apapun karena guru sebagai pendidik yang membentuk karakter siswa.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

 

 

Ruang Gerak 11042923

 

 

 

 

 

 

 

2 komentar:

  1. Betulkah profesi guru kurang diminati? Fenomena itu terjadi puluhan tahun yang lalu pada saat gaji guru sangat minim. Tapi belakangan ini profesi guru banyak diminati, terbukti dengan membeludaknya pendaftar seleksi CPNS maupun P3K.
    Maaf....hanya sebatas komen aja

    BalasHapus

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...