Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Sabtu, 06 Januari 2024

Membersamai Mahasiswa PPG Daljab Angkatan 3 Siklus 2 Unma



Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan menjadi salah satu aspek penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Angkatan 3 Mahasiswa PPG Universitas Majalengka menjalani aktivitas pendalaman materi dengan beban belajar 5 (lima) SKS, yang dilaksanakan secara daring. Sebagai guru pamong yang membersamai mereka  pada siklus 2 ini, ingin mengulas kegiatan pembelajaran tersebut melalui tiga langkah esensial, yakni Identifikasi Masalah, Eksplorasi Penyebab Masalah, dan Penentuan Penyebab Masalah.

Langkah 1: Identifikasi Masalah

Mahasiswa memulai pendalaman materi dengan langkah identifikasi masalah. Upaya untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dalam tugas keseharian guru, meliputi: pengelolaan lingkungan sosial emosional belajar siswa, membangun relasi dengan siswa, melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS, literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah pembelajaran lainnya. Mereka secara cermat menentukan area atau konsep pembelajaran yang dianggap sulit atau memerlukan pemahaman lebih mendalam. Proses ini menjadi titik awal untuk memfokuskan perhatian pada aspek materi yang memerlukan perhatian khusus.

Langkah 2: Eksplorasi Penyebab Masalah

Setelah identifikasi masalah dilakukan, langkah berikutnya adalah eksplorasi penyebab masalah. Mahasiswa  secara aktif mencari akar permasalahan yang muncul. Hal ini mencakup analisis terhadap metode pembelajaran, pemahaman dasar, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi pemahaman materi. Eksplorasi ini memberikan wawasan yang mendalam untuk merumuskan strategi pemecahan masalah yang efektif.

Langkah 3: Penentuan Penyebab Masalah

Dengan informasi yang diperoleh dari langkah-langkah sebelumnya, mahasiswa selanjutnya penentuan penyebab masalah dilakukan dengan cara menentukan akar penyebab masalah yang paling mendekati terhadap konteks yang dihadapi guru di kelas/sekolahnya, dan menjelaskan alasannya. Mereka melakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi faktor yang paling berpengaruh pada kesulitan pemahaman materi. Penentuan penyebab masalah menjadi dasar bagi mereka untuk merancang solusi yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.Dalam melakukan penentuan penyebab masalah tersebut, mahasiswa berkonsultasi dengan Dosen, Instruktur, dan Guru Pamong. Mahasiswa mempresentasikan akar penyebab masalah yang dipilih, disertai dengan penjelasan tentang kajian/analisis penentuan penyebab masalah tersebut. Pada bagian akhir kegiatan, Mahasiswa wajib menentukan masalah serta akar penyebabnya yang paling sesuai dengan tugas keseharian guru. 

Penerapan Pembelajaran

Pembelajaran daring  mengharuskan mahasiswa untuk aktif terlibat dan memiliki komitmen tinggi. Mereka memanfaatkan platform daring, diskusi forum, dan sumber daya pembelajaran online untuk mendukung proses pembelajaran. Kolaborasi antar-mahasiswa dan komunikasi yang efektif juga menjadi kunci keberhasilan dalam mengatasi kesulitan materi.

Dosen Pembimbing Ibu Devi A Yonanda, M.Pd menjelaskan kembali materi yang sudah diberikan di siklus 1, dialog interaktif antara dosen pembimbing dan mahasiwapun cukup seru. Beberapa mahasiswa menanyakan materi yang belum dipahami. Pada sesi presentasi LK yang bertujuan untuk memaparkan pengalaman dan hasil dari pendalaman materi yang dilakukan oleh mahasiswa. Fokus utama presentasi ini adalah pada tiga langkah esensial yang diterapkan dalam proses pembelajaran, yaitu Identifikasi Masalah, Eksplorasi Penyebab Masalah, dan Penentuan Penyebab Masalah.

Sesi diakhiri dengan feedback dari Dosen Pembimbing dan Guru Pamong, di mana peserta mendapatkan koreksi dan penguatan terhadap presentasi yang telah disampaikan.

Pendalaman materi mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 Universitas Majalengka melalui pembelajaran daring  menekankan pendekatan sistematis. Identifikasi masalah, eksplorasi penyebab masalah, dan penentuan penyebab masalah merupakan langkah-langkah krusial dalam mengatasi kesulitan pemahaman materi. Dengan keterlibatan aktif dan pendekatan yang mendalam, mahasiswa PPG dapat mengoptimalkan proses pembelajaran daring untuk mencapai kesuksesan dalam tugas-tugas pendidikan mereka.

Tetap Semangat Para Pejuang Serdik!

Salam dan Bahagia!


Foto Dokumen












2 komentar:

Visitasi Akreditasi hari Kedua (Terakhir)

  Hari/Tanggal:  Sabtu, 14 September 2024 Kegiatan: Observasi Pembelajaran di Kelas 5 dan Kelas 3 A. Pendahuluan Laporan ini disusun sebaga...