Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Senin, 29 Mei 2023

Mengukir Kepemimpinan Memerdekaan: Lokakarya Kepemimpinan Sekolah Penggerak Angkat II di Kabupaten Majalengka

 





Pada hari Minggu tanggal 28 Mei 2023 bertempat di SMPN 4 Majalengka dilaksanakan  lokakarya kepemimpinan sekolah penggerak  untuk membahas bagaimana kepemimpinan yang memerdekaan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Acara ini dihadiri oleh; Balai besar Guru Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi  Jawa Barat, Kepala Sekolah PSP Angkatan II, Fasilitator Sekolah Penggerak, dan Dinas Pendidikan Kab. Majalengka.

Setelah registrasi peserta  dibagi 2 kelas yaitu Kelas A dan B, pukul 07.30 acara dimulai dengan penjelasan teknis dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Fasilitator, yang menggarisbawahi pentingnya kepemimpinan yang memerdekaan dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Para peserta mendapat penjelasan dan elaborasi  berbagi pengalaman dari perjalanan sekolah dalam menerapkan nilai-nilai kepemimpinan yang memerdekaan, termasuk pemberdayaan siswa dalam mengambil inisiatif, berpikir kritis, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.








Materi inspiratif tentang arti kepemimpinan yang memerdekaan, menggambarkan kepemimpinan yang tidak hanya fokus pada pengambilan keputusan, tetapi juga pada pemberdayaan individu untuk mengembangkan potensi diri mereka dan berkontribusi dalam masyarakat juga menekankan pentingnya membangun karakter yang kuat dan menghargai keberagaman sebagai bagian dari kepemimpinan yang memerdekaan.

Peserta mengerjakan 7 Lembar kerja dan 2 instrumen Monev yang menambah wawasan dan pengetahuan dilaksanakan dengan penuh semangat.

Selanjutnya, fasilitator Sekolah Penggerak memandu diskusi kelompok yang terdiri dari peserta lokakarya. Diskusi ini difokuskan pada strategi dan langkah konkret yang dapat diimplementasikan dalam mewujudkan kepemimpinan yang memerdekaan di setiap sekolah. Mereka berbagi pengalaman, ide, dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengembangkan kepemimpinan yang memerdekaan di lingkungan sekolah mereka.

Lokakarya berlanjut dengan sesi presentasi hasil kelompok diskusi dan pembahasan lebih lanjut. Setiap kelompok mempresentasikan rekomendasi dan tindakan konkret yang dapat dilakukan oleh setiap sekolah untuk mewujudkan kepemimpinan yang memerdekaan. Ide-ide tersebut mencakup ciri-ciri kepemimpinan yang memerdekakan, peran kepala sekolah dalam mewujudkan kepemimpinan yang memerdekakan serta peluang dan tantangannya. 

Lokakarya kepemimpinan sekolah penggerak ini meninggalkan kesan yang kuat pada pesertanya. Salah satunya Ibu Eli Halimah, S. Pd. Kepala SDN Leuwikujang I terinspirasi oleh ide-ide yang inovatif dan komitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang berpusat pada kepemimpinan yang memerdekaan. Dengan semangat yang tinggi, mereka meninggalkan lokakarya ini dengan rencana aksi yang konkret untuk mewujudkan visi tersebut, mengambil langkah pertama menuju pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang kuat di Kabupaten Majalengka.

Kegiatan tersebut juga didukumentasikan di tiktok Lokakarya Kepemimpinan PSP A2

Demikian semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...