Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Sabtu, 13 Mei 2023

Kwarran Leuwimunding Akan Melaksanakan KMD Tahun 2023



Rapat Kerja Persiapan KMD Tahun 2023 pada hari sabtu tanggal 14 Mei 2023 bertempat di Sekretariat Kwarran Leuwimunding 


KePramukaan adalah gerakan pendidikan  generasi muda  yang memiliki tujuan untuk membentuk Generasi Muda kepribadian yang mandiri, tangguh, serta bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, peran pembina Pramuka sangat penting dalam menjalankan aktivitas kePramukaan.

Pada tahun 2023, Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka akan mengadakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Kegiatan ini bertujuan untuk merevitalisasi peran pembina Pramuka dalam mendampingi dan membimbing anggota Pramuka di tingkat dasar.

Dalam kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam kePramukaan. Selain itu, peserta juga akan diberikan latihan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kerjasama, dan kreativitas dalam menjalankan aktivitas kePramukaan.

Kursus ini akan dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 22-27 Juni 2023 bertempat di SDN Karangasem I dengan menghadirkan narasumber dan pelatih yang kompeten di bidangnya. Peserta akan diberikan materi-materi dengan sasaran, peserta mampu:

  1. memahami, menghayati, dan melaksanakan AD dan ART Gerakan Pramuka;
  2. menjelaskan tentang KePramukaan serta perkembangannya;
  3. menerapkan kePramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya;
  4. membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya;
  5. menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar KePramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka; dan
  6. mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya dan mengelola satuannya.

Selain itu, peserta juga akan diberikan latihan untuk mengembangkan keterampilan dasar seperti membuat peralatan Pramuka, membuat tenda, dan memasak di alam terbuka. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mendampingi dan membimbing anggota Pramuka di kegiatan-kegiatan Pramuka di lapangan.

Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ini diharapkan dapat merevitalisasi peran pembina Pramuka sebagai pendamping dan mentor bagi anggota Pramuka di tingkat dasar. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kegiatan Pramuka di Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka.

Menurut Ketua Kwarran Leuwimunding Kak Dede Ruhiana, S. Pd. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pembina Pramuka di Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka dapat lebih memahami dan menguasai konsep dasar kePramukaan, sehingga dapat memberikan pendampingan dan bimbingan yang lebih baik bagi anggota Pramuka. Sehingga, mereka dapat menjadi generasi yang tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.”

Sementara itu menurut salah seorang calon peserta dari SDN Mirat II yaitu Kak Neti Surahman, S.Pd.: “ Sangat menyambut baik rencana KMD, ilmu dan keterampilan yang didapatkannya nanti bisa diimplementasikan untuk meningkatkan kegiatan Kepramukaan di sekolah, dan berterimakasih atas kesempatan yang diberikan.”

Demikian semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...