Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Rabu, 12 Juli 2023

Laporan Pengimbasan IKM Hari Pertama di SDN Mirat II





Pada hari Selasa, tanggal 11 Juli 2023, SDN Mirat II melaksanakan pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ke Sekolah Imbas di KKG Ki Hajar Dewantara Kecamatan Leuwimunding. Kegiatan ini dilakukan untuk berbagi praktik baik pelaksanaan Kurikulum Merdeka antara sekolah yang telah terlebih dahulu menerapkan dan sekolah yang masih perlu mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai kurikulum ini. 

Kegiatan pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Hari pertama Selasa tanggal 11 Juli 2023 dimulai pukul 07.00-12.00. Berikut adalah rincian kegiatan yang dilakukan:

A. Pembukaan
  1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dipimpin Ibu yati Jumiati, S. Pd.
  2. Berdo'a bersama dipimpin Bapak Endrik, S. Pd.
  3. Laporan dari Kepala Sekolah SDN Mirat II; Menguacapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan kegiatan pengimbasan SDN Mirat II sebagai Sekolah Penggerak Angkatan II untuk berbagi praktik baik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan kepada sekolah imbas yang terdiri dari: SDN Mirat I, SDN Mirat III, SDN Leuwimunding III, SDN Leuwimunding IV, SDN Parungjaya I, SDN Parungjaya II, dan SDN Ciparay II dengan peserta: kepala Sekolah, Guru Kelas I, Guru kelas IV, Guru penjaskes dan Guru PAI. Materi pengimbasan berkaitan dengan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan sekolah  tahun ini akan melaksanskan Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah. Kepala Sekolah berharap kegiatan ini akan menjadi pemantik bagi sekolah imbas untuk lebih mendalami lagi Kurikulum Merdekan.
  4. Sambutan Yth. Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Leuwimunding Bapak Dede Ruhiana, S. Pd. Beliau mengucapkan terimakasih kepada SDN Mirat II yang melaksanakan kegiatan pengimbasan IKM, dan berharap kegiatan ini diikuti dengan baik sebagai bekal dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru 2023/2024 yang secara serentak di Kecamatan Leuwimunding. Beliau juga memotivasi agar guru-guru tetap semangat untuk meningkatkan kompetensi terutama di era digital ini.
  5. Arahan dari Yth. Pengawas Pembina Ibu Uum Jumiati, S. Pd., M.A.P Beliau berharap menjadi guru untuk senatiasa belajar, manfaatkan waktu dan kesempatan untuk belajar hal-hal baru karena dunia pendidikan terus berkembang sesuai zamannnya. Begitu juga dengan pergantian Kurikulum ini dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Pengawas Pembina juga membuka secara resmi kegiatan. Pengawas pembina juga  berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal kepada peserta sekolah imbas. Pengawas pembina berharap agar peserta dapat aktif bertanya, berbagi pengalaman, dan menjalin kerjasama untuk meningkatkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di masing-masing sekolah. Selain itu, pengawas pembina juga berharap agar peserta dapat mengimplementasikan praktik baik yang diperoleh dari pengimbasan ini dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing-masing.
  6. Pembukaan ditutup dengan bersama-sama mengucapkan hamdallah dipimpin MC Ibu Lia Pratiwi, S. Pd. sekaligus Beliau sebagai Komite Pembelajaran di SDN Mirat II dan dilaksanakan pula foto bersama.

Sebelumnya Peserta Pengimbasan dibuatkan grup whatsapp sebagai media Komunikasi, belajar dan berbagi bersama  dengan nama IKM KKG Kihajar Dewantara. Peserta juga  diberikan kuisioner untuk mengetahui kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolahnya.


B. Kegiatan Pengimbasan 
Kegiatan Pengimbasan dengan materi Paradigma Pembelajarabn Baru oleh Endung, S. Pd. diawali dengan Pretest Kurikulm Merdeka dengan game Quizizz, semua peserta mengikuti pre test tersebut dengan mempergunakan perangkat android masing-masing dengan ceria, ada juga yang teriak ketika jawaban yang diberikan salah. Dari hasil Pretes tertinggi di raih Ibu Icha dari SDN Leuwimunding IV, kedua Ibu yati Jumiati dari SDN Mirat II, dan ketiga Ibu Ida F dari SDN Parungjaya I. 

Pada materi pembelajaran Paradigma Pembelajaran Baru, pemateri menyampaikan tujuan diklat yaitu: Menjelaskan perubahan/penyesuaian kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam konteks satuan pendidikan, Menjelaskan alasan penting kurikulum perlu diadaptasi di satuan pendidikan masing-masing, dan Memahami struktur kurikulum merdeka dan rencana mempelajarinya lebih detil. pendekatan pembelajaran andragogi, curah pendapat, tanya jawab dan diskusi.

Materi selanjutnya yaitu Penyusuanan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KSOP) peserta diberikan penjelasan tentang Struktur Kurikulum Merdeka yang terdiri dari: Intra Kurikuler, Kokurikuler damalam Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) dan Ekstrakurikuler. Peerta juga dibimbing untuk menyususn Visi, Misi, dan Tujuan sekolah serta melakukan analisis karakteristik sekolah. Dibahas juga tentang draft KSOP sesuai juknis dari Dinas Pendidikan Kabvuapten Majalengka. 


C. Penutup
Dengan selesainya kegiatan pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) hari pertama di SDN Mirat II ke Sekolah Imbas di KKG Kihajar Dewantara Kecamatan Leuwimunding, diharapkan peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pelaksanaan Kurikulum Merdeka serta dapat menjalankannya dengan efektif di lingkungan sekolah masing-masing. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menuju pendidikan yang merata dan berkualitas. Terima kasih atas partisipasi dan kerjasama yang telah diberikan.


Dokumentasi






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...