Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Kamis, 13 Juli 2023

Laporan Pengimbasan IKM Hari Ke-3


Tanggal: 13 Juli 2024
Tempat: SDN Mirat II 
Waktu: 07.30 s.d.15.30

Pada hari Kamis, tanggal 13 Juli 2023, kami melaksanakan kegiatan Pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai PSP Angkatan 2.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta yang terlibat dalam program Kurikulum Merdeka, termasuk guru-guru dan staf pendidikan di KKG Ki Hajar Dewantara Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan peserta tentang Materi Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka serta Modul Ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat peserta dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing.

Selama kegiatan, peserta terlibat dalam diskusi dan praktik mengerjakan tugas yang terkait dengan materi pembelajaran dan asesmen Kurikulum Merdeka. Diskusi tersebut diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber yang telah berpengalaman dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk Pembelajaran dan Asesmen dan Projek Penguuatan Profil Pelajar Pancasila (PP5) oleh Endung, S. Pd. Materi Modul Ajar oleh Yati Jumiati, S. Pd. angjota Komite Pembelajaran SDN Mirat II dan juga Guru Penggerak  Anhkatan 6. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berbagi pengalaman terkait dengan materi tersebut.

Setelah pemaparan materi, peserta langsung terlibat dalam praktik mengerjakan tugas yang telah disediakan. Tugas tersebut dirancang untuk menggali pemahaman peserta terhadap materi pembelajaran dan asesmen Kurikulum Merdeka. Pembagian kelompok dilakukan agar peserta dapat berkolaborasi dan saling berdiskusi dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Selama kegiatan berlangsung, terlihat antusiasme dan semangat yang tinggi dari seluruh peserta. Mereka aktif berpartisipasi dalam diskusi dan dengan penuh semangat mengerjakan tugas yang diberikan. Para peserta juga saling bertukar pendapat dan pengalaman, sehingga tercipta suasana yang interaktif dan mendukung dalam belajar.

Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil tugas mereka, sehingga dapat mendapatkan umpan balik dari narasumber dan peserta lainnya. Hal ini menjadi momen yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman peserta tentang Kurikulum Merdeka. Materi tentang Rapor Satuan Pendidikan Tahun 2023 juga dijelaskan secara singkat dana jelas oleh Lia Pratiwi,  S. Pd. anggota KP SDN Mirat II dan Guru Penggerak  Angkatan 6.
Kegiatan diakhiri dengan Refleksi dan Evaluasi Program.

Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan narasumber yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta memberikan harapan akan berhasilnya implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah. Kami berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan pendidikan yang lebih inovatif dan merdeka.

Hormat kami,

Endung, S. Pd.


Klik untuk melihat dokumentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...