Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Jumat, 13 September 2024

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II


        SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi akreditasi dari tanggal 13-14 September 2024. Visitasi akreditasi ini memiliki tujuan utama untuk memotret secara objektif sejauh mana sekolah telah memenuhi standar nasional pendidikan. Hasil dari penilaian ini akan menjadi dasar bagi sekolah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan.

    Visitasi hari pertama dilaksanakan hari Jum'at tanggal 13 September 2024 dimulai dengan penyambutan Tim Asesor oleh Ketua PGRI Cabang Leuwimunding Bapak Jamat Agus Suganda, S.Pd.,M.M.Pd., Ketua KKPS Bapak Heri Sugiarto, S.Pd., M.M., Pengawas Pembina Bapak H. Abdul Haris, S.Pd., M.Pd., kepala sekolah Bapak Endung, S.Pd.. peserta didik, guru, dan Komite sekolah dengan iringan rebana. Tampak wajah-wajah sumringah penuh bahagia menyambut kedatangan Tim Asesor dimulai dari pintu gerbang sekolah, sesekali diiringi yel-yel semangat dari peserta didik.

        Upacara pembukaan dipandu oleh Ibu Lia Pratiwi, S.Pd. Guru Penggerak SDN Mirat II, diawali ucapan Basmallah kemudian Menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin Ibu Linda Yuliandini, S.Pd. Lantunan suara merdu ayat suci Al’ Qur’an oleh Najwa Maulana Putri murid kelas 6. Agar kegiatan berlangsung dengan sukses do’a dipimpin Bapak Endrik, S.Pd. Guru PAI. 

        Pengawas Pembina Bapak H. Abdul Haris, S.Pd. M.Pd. dalam sambutannya berharap akreditasi visitasi dapat menjadi motivasi bagi sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan. 

        Penjelasan singkat kegiatan visitasi akreditasi disampaikan Asesor Ibu Dr. Hj. Widayanti, S.Pd.,M.Pmat. Beliau menyampiakan Berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan oleh BAN-PDM Provinsi dengan Nomor 0824/BAN-PDM-JABAR/TU/2024 pada tanggal 06 September 2024, tim asesor yang terdiri atas: Dr. Hj. Widayanti, S.Pd, M.Pmat dan Siti Asiyah,S.Pd., M.M, akan melaksanakan visitasi selama 2 hari dari tanggal 13 September 2024 s.d. 14 September 2024. Kegiatan visitasi dilakukan melalui observasi, telaah dokumen dan wawancara dalam rangka verifikasi, serta validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh SDN Mirat II Majalengka melalui instrumen akreditasi. Kepala SDN Mirat II memaparkan singkat mengenai profil sekolah mencakup visi; Terwujudnya Ekosistem Pendidikan yang BISA (Berkarakter, Inovatif, Sanintific, dan Aktif) yang berorientasi pada IPTEK, dan berwawasan lingkungan budaya, profil sekolah lainnya, proses pembelajaran, penilaian dan Evaluasi Pembelajaran dengan kurikulum Merdeka serta prestasi yang telah dicapai. Dalam sesi presentasi dilanjutkan dengan dialog antara asesor dan Kepala sekolah terkait pengelolaan menejemen sekolah. 

    Penutupan acara pembukaan dipandu oleh MC dengan bersama-sama mengucapkan hamdallah. Acara dilanjutkan dengan wawancara dengan komite sekolah bertujuan  untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai keterlibatan, dukungan, dan peran aktif komite dalam pengelolaan sekolah. Kepada orang tua/wali bertujuan untuk mendapatkan perspektif dari pihak eksternal mengenai kualitas pendidikan yang diberikan sekolah.Wawancara dengan guru kepada guru diwakili: Ibu Lia Pratiwi, Ibu Linda Yuliandini, dan Bapak Endrik dengan tujuan:

  • Memvalidasi data informasi yang diperoleh dari dokumen dengan keterangan langsung dari guru.
  • Mendapatkan perspektif yang lebih luas untuk memahami situasi sekolah dari sudut pandang guru.
  • Mengetahui aspek-aspek yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki di sekolah.

Hasil dan Temuan

  1. Aspek Sarana dan Prasarana; Berdasarkan observasi, SDN Mirat II memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran. Namun, terdapat beberapa catatan terkait WC yang belum sesuai dengan standar sarana dan prasarana.
  2. Aspek Manajemen Sekolah: Manajemen sekolah berjalan dengan baik dan transparan. Program-program pengembangan sekolah direncanakan secara sistematis, namun perlu peningkatan dalam manajemen evaluasi dan pengembangan profesional guru.

Penutup

        Visitasi akreditasi di SDN Mirat II berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Diharapkan hasil dari visitasi ini dapat menjadi dasar bagi peningkatan mutu pendidikan di SDN Mirat II dalam upaya mencapai perjalanan menuju sekolah yang lebih baik tidak pernah berhenti. Mari kita jadikan hasil penilaian ini sebagai motivasi untuk terus belajar dan berkembang. Bersama kita BISA! Semoga bermanfaat!

Panduan Akreditasi Dikdasmen

Foto Kegiatan




































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...