- Audience (Peserta): Siapa yang akan belajar? (siswa, mahasiswa, peserta pelatihan, dll.)
- Behavior (Perilaku): Apa yang diharapkan peserta dapat lakukan setelah pembelajaran? (mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, menciptakan)
- Condition (Kondisi): Dalam kondisi apa perilaku tersebut ditunjukkan? (dengan bantuan alat, dalam kelompok, secara individu, dll.)
- Degree (Derajat): Seberapa baik perilaku tersebut harus ditunjukkan? (dengan akurasi 80%, dalam waktu 10 menit, dll.)
Langkah-langkah Menyusun Tujuan Pembelajaran dengan Metode ABCD
Identifikasi Capaian Pembelajaran:
Tentukan kompetensi atau hasil belajar yang ingin dicapai siswa setelah proses pembelajaran. Pahami dengan jelas apa yang diharapkan siswa kuasai.- Tentukan Audience: Siapa sasaran pembelajaran Anda? Siswa kelas berapa? Jurusan apa? Tingkat pendidikan apa?
Rumuskan Perilaku:
Pilih kata kerja operasional yang jelas dan spesifik untuk menggambarkan perilaku yang diharapkan. Contoh kata kerja operasional: menyebutkan, menjelaskan, membandingkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, menciptakan.Tentukan Kondisi:
Dalam kondisi apa perilaku tersebut akan ditunjukkan?Misalnya, dengan menggunakan sumber belajar tertentu, dalam situasi masalah tertentu, atau dalam bentuk tugas tertentu.Tentukan Derajat:
Seberapa baik perilaku tersebut harus ditunjukkan Tetapkan kriteria keberhasilan yang jelas dan terukur. Misalnya, dengan tingkat akurasi tertentu, dalam waktu tertentu, atau dengan skor tertentu.
Contoh Penerapan Metode ABCD
Capaian Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep pecahan sederhana.
Tujuan Pembelajaran dengan Metode ABCD:
Tujuan Pembelajaran yang Terbentuk:
Manfaat Menggunakan Metode ABCD
- Tujuan lebih jelas dan spesifik: Membantu guru merancang kegiatan pembelajaran yang lebih terarah.
- Penilaian lebih objektif: Kriteria keberhasilan yang jelas memudahkan guru dalam menilai pencapaian siswa.
- Peningkatan kualitas pembelajaran: Dengan tujuan yang jelas, guru dapat memilih metode dan media pembelajaran yang tepat.
Hal lain yang harus diperhatikan:
- Libatkan siswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar.
- Gunakan beragam kata kerja operasional untuk menghindari kebosanan.
- Sesuaikan tingkat kesulitan tujuan pembelajaran dengan kemampuan siswa.
- Lakukan review dan revisi terhadap tujuan pembelajaran secara berkala.
Dengan menggunakan metode ABCD, kita dapat merancang tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan memastikan bahwa siswa mencapai hasil belajar yang optimal.
Demikian semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar