Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Kamis, 26 September 2024

Menyusun Tujuan Pembelajaran dengan Metode ABCD

 


Metode penyusunan tujuan pembelajaran ABCD adalah suatu kerangka kerja yang sangat berguna dalam merumuskan tujuan pembelajaran secara spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berjangka waktu (SMART). ABCD merupakan singkatan dari:

  1. Audience (Peserta): Siapa yang akan belajar? (siswa, mahasiswa, peserta pelatihan, dll.)
  2. Behavior (Perilaku): Apa yang diharapkan peserta dapat lakukan setelah pembelajaran? (mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, menciptakan)
  3. Condition (Kondisi): Dalam kondisi apa perilaku tersebut ditunjukkan? (dengan bantuan alat, dalam kelompok, secara individu, dll.)
  4. Degree (Derajat): Seberapa baik perilaku tersebut harus ditunjukkan? (dengan akurasi 80%, dalam waktu 10 menit, dll.)

Langkah-langkah Menyusun Tujuan Pembelajaran dengan Metode ABCD

  1. Identifikasi Capaian Pembelajaran:

    Tentukan kompetensi atau hasil belajar yang ingin dicapai siswa setelah proses pembelajaran. Pahami dengan jelas apa yang diharapkan siswa kuasai.
  2. Tentukan Audience: Siapa sasaran pembelajaran Anda? Siswa kelas berapa? Jurusan apa? Tingkat pendidikan apa?
  3. Rumuskan Perilaku: 

    Pilih kata kerja operasional yang jelas dan spesifik untuk menggambarkan perilaku yang diharapkan. Contoh kata kerja operasional: menyebutkan, menjelaskan, membandingkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, menciptakan.
  4. Tentukan Kondisi: 

    Dalam kondisi apa perilaku tersebut akan ditunjukkan?Misalnya, dengan menggunakan sumber belajar tertentu, dalam situasi masalah tertentu, atau dalam bentuk tugas tertentu.
  5. Tentukan Derajat: 

    Seberapa baik perilaku tersebut harus ditunjukkan Tetapkan kriteria keberhasilan yang jelas dan terukur. Misalnya, dengan tingkat akurasi tertentu, dalam waktu tertentu, atau dengan skor tertentu.

Contoh Penerapan Metode ABCD

Capaian Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep pecahan sederhana.

Tujuan Pembelajaran dengan Metode ABCD:

A: Siswa kelas 4 SD
B: Menjelaskan
C: Dengan menggunakan model konkret (misalnya, kue yang dipotong-potong)
D: Dengan benar minimal 80% dari soal yang diberikan

Tujuan Pembelajaran yang Terbentuk:

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa kelas 4 SD dapat menjelaskan konsep pecahan sederhana dengan menggunakan model konkret dengan benar minimal 80% dari soal yang diberikan.

Manfaat Menggunakan Metode ABCD

  1. Tujuan lebih jelas dan spesifik: Membantu guru merancang kegiatan pembelajaran yang lebih terarah.
  2. Penilaian lebih objektif: Kriteria keberhasilan yang jelas memudahkan guru dalam menilai pencapaian siswa.
  3. Peningkatan kualitas pembelajaran: Dengan tujuan yang jelas, guru dapat memilih metode dan media pembelajaran yang tepat.

Hal lain yang harus diperhatikan:

  1. Libatkan siswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar.
  2. Gunakan beragam kata kerja operasional untuk menghindari kebosanan.
  3. Sesuaikan tingkat kesulitan tujuan pembelajaran dengan kemampuan siswa.
  4. Lakukan review dan revisi terhadap tujuan pembelajaran secara berkala.

Dengan menggunakan metode ABCD, kita dapat merancang tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan memastikan bahwa siswa mencapai hasil belajar yang optimal.

Demikian semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi hari Kedua (Terakhir)

  Hari/Tanggal:  Sabtu, 14 September 2024 Kegiatan: Observasi Pembelajaran di Kelas 5 dan Kelas 3 A. Pendahuluan Laporan ini disusun sebaga...