Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Rabu, 16 Agustus 2023

Refleksiku di HUT RI Ke-78



Dalam peringatan HUT RI ke-78  "Sudahkah Pendidikan Kita Memerdekakan?" sebagai seorang guru, saya merenung tentang peran penting pendidikan dalam menjaga kemerdekaan. Pendidikan bukan hanya tentang mengajarkan keterampilan dan pengetahuan, tetapi juga tentang membentuk pikiran yang bebas, kritis, dan bertanggung jawab.

Saya berpikir tentang bagaimana pendidikan dapat memerdekakan pikiran generasi muda dari prasangka, intoleransi, dan ketidakadilan. Saya merasa penting untuk menginspirasi siswa untuk berpikir secara independen, menganalisis informasi dengan bijak, dan bertindak untuk kebaikan bersama.

Seiring dengan merayakan kemerdekaan fisik, saya mengajak siswa untuk merayakan kemerdekaan berpikir dan berekspresi. Pendidikan yang bermakna adalah yang mendorong siswa untuk menghargai perbedaan, memahami sejarah, dan terlibat dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil.

Sebagai seorang guru, saya merasa bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar di mana setiap siswa merasa aman untuk berbicara, berbagi pandangan, dan mengembangkan potensi mereka tanpa rasa takut atau tekanan. Pendidikan seharusnya tidak hanya melibatkan transfer pengetahuan, tetapi juga memberdayakan siswa untuk menjadi warga negara yang aktif, peduli, dan sadar akan tanggung jawab mereka terhadap bangsa dan negara.

Oleh karena itu, dalam peringatan HUT RI ke-78 ini, saya merasa terdorong untuk terus bekerja keras dalam mengarahkan pendidikan menuju pembebasan pikiran dan semangat kritis, sehingga generasi mendatang benar-benar akan memerdekakan bangsa ini dengan pengetahuan, kebijaksanaan, dan kerjasama yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...