Mengenai Saya

Foto saya
Semua orang bisa menjadi Guru dan semua orang bisa menjadi Murid.

Minggu, 07 April 2024

Ramadhan: Renungan di Makam

Pagi ini menjelang hari raya idul Fitri saya melakukan aktifitas seperti orang di kampungku membersihkan makam; orang tua, keluarga dan kerabat. Dalam pikiran seperti sebuah film lama yang diputar kembali setiap membersihkan makam yang tentu yang saya kenal ketika mereka hidup, ada yang baik ada pula yang kurang baik (wallahualam).

Ketika kita merenungkan tentang akhir hayat kita, seringkali kita berpikir tentang bagaimana kita akan diingat oleh orang-orang setelah kita meninggal. Apakah kita akan dikenang sebagai orang baik atau sebagai orang jahat?

Sebagai manusia, kita tidak bisa mengendalikan bagaimana orang lain akan mengingat kita setelah kita tiada. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan selama hidup kita untuk meninggalkan kesan positif dan dikenang sebagai orang baik.

Satu hal yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang lain. Membantu sesama, memberikan dukungan dan kasih sayang kepada orang-orang di sekitar kita akan meninggalkan kesan positif dan membuat kita dikenang sebagai orang yang baik.

Selain itu, menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita juga penting. Berusaha untuk selalu berbicara dengan sopan dan menghormati orang lain, serta meminta maaf jika kita melakukan kesalahan, adalah hal-hal yang bisa membuat kita dikenang sebagai orang yang baik.

Tentu saja, tidak ada manusia yang sempurna dan pasti ada saat-saat di mana kita melakukan kesalahan atau menyakiti orang lain. Namun, penting untuk belajar dari kesalahan tersebut dan berusaha untuk memperbaiki kesalahan kita.

Dengan melakukan hal-hal di atas, kita bisa meninggalkan kesan positif dan dikenang sebagai orang baik oleh orang-orang setelah kita tiada. Sehingga, ketika kita dipusara di makam kita, kita akan diingat dengan baik oleh orang-orang yang pernah mengenal kita.

Pusaraumum Kidok, 7 April 2024
Al Fakir
Edua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitasi Akreditasi Hari Pertama di SDN Mirat II

          SDN Mirat II Kecamatan Leuwimunding menjadi pusat perhatian Tim Asesor BAN PDM Provinsi Jawa Barat dengan dilaksanakannya visitasi...